Rukun Iman Dalam Agama Islam

 

Rukun Iman adalah enam prinsip dasar keyakinan dalam agama Islam yang harus dipercayai oleh setiap Muslim. Berikut adalah keenam rukun iman tersebut:

  1. Iman kepada Allah SWT:

yaitu keyakinan pada keberadaan satu-satunya Tuhan yang Mahaesa, Maha Kuasa, Maha Mengetahui dan Maha Mengatur segala sesuatu di alam semesta.

  1. Iman kepada Malaikat:

yaitu keyakinan pada makhluk-makhluk gaib yang diciptakan Allah SWT dari cahaya dan berfungsi sebagai utusan-Nya dalam menjalankan tugas-tugas tertentu.

  1. Iman kepada kitab Allah:

yaitu keyakinan pada kitab-kitab suci yang diwahyukan Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya sebagai pedoman hidup bagi manusia.

  1. Iman kepada para nabi dan rasul Allah:

yaitu keyakinan pada para utusan Allah SWT yang telah diutus untuk memberikan petunjuk dan ajaran-Nya kepada umat manusia.

  1. Iman kepada hari akhir:

yaitu keyakinan pada kehidupan setelah kematian dan adanya hari kiamat serta pertanggungjawaban manusia atas amal perbuatannya di dunia.

  1. Iman kepada qadha dan qadar dari  Allah:

yaitu keyakinan pada takdir atau ketetapan Allah SWT atas segala sesuatu yang terjadi di dunia, baik itu yang disukai maupun yang tidak disukai oleh manusia.

Keenam rukun iman ini menjadi dasar bagi setiap Muslim dalam memahami agama Islam. Dengan memahami dan mengamalkan keenam rukun iman ini, seorang Muslim diharapkan dapat memperkuat keimanan dan menjalankan ajaran agama dengan baik.


Lebih baru Lebih lama